Publikasi Info Kampus SEMINAR SEHARI 2013

SEMINAR SEHARI

MENYONGSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

BAGI PENGUATAN PERGURUAN TINGGI (PT)

I. PENDAHULUAN

Upaya Pemerintah untuk merubah Kurikulum Pendidikan Nasional pada bulan Juni/Juli 2013 merupakan langkah yang perlu diapresiasi bagi Penyelenggara, Praktisi dan Para Pendidik.

Memperhatikan konsepsi dan substansi pendidikan di Indonesia, saat ini tidak jelas arah dan tujuannya kepada cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga timbul kecenderungan memasukkan segala yang dianggap penting dalam kurikulum akibatnya terjadilah beban  kepada Peserta Didik, akan tetapi tak jelas apakah anak didik akan mendapatkan sesuatu yang seharusnya dari pendidikan tersebut.  Saat ini sudah waktunya kita memikirkan apa yang seyogyanya diajarkan kepada Peserta Didik agar manusia Indonesia mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia.

Untuk memutuskan langkah tersebut layaknya bahan ajar di sekolah agar menjadi relevan bagi kebutuhan bangsa tidaklah mudah apalagi untuk mengantisipasi perkembangan masa depan yang dinamis dan revolusioner yang tidak menentu dan tidak dapat kita prediksi. Sehubungan dengan itu Kurikulum 2013 mengharuskan kita mengobyektivitasi dasar-dasar normatif kebangsaan dan pendidikan secara bersamaan di dalam sebuah negara yang mayoritas penduduknya adalah kaum Muslim perlu diperhitungkan segenap potensi dan situasi yang senantiasa terus menerus berubah akibat kemajuan iptek (IT) pada era globalisasi dewasa ini.

Kebermaknaan sebuah kurikulum justru terletak pada kecermatan logis yang menghubungkan antara hal-hal yang prinsipil dan hal-hal yang riil kebutuhan bangsa ini, kemudian mengkristalisasikan mata pelajaran. Tanpa kesungguhan perubahan kurikulum hanyalah sekedar mengutak-atik apa yang sudah ada dengan dibumbui dengan retorika yang muluk dan impian yang tidak pasti terwujud.

Sehubungan dengan pemikiran tersebut di atas, maka STAI Syamsul Ulum sebagai lembaga Penyelenggara Pendidikan Tinggi (PT) menganggap perlu untuk menyelenggarakan Seminar Sehari tentang Kurikulum 2013 dalam rangka melakukan kajian dan telaah yang mendalam dan transparan terhadap situasi yang menjadi alasan kuat perlunya Kurikulum 2013 diimplementasikan serta harapan-harapan tentang perbaikan Sistem Pendidikan Nasional yang akan datang untuk menjadi lebih baik.

II. TUJUAN

Tujuan diselenggarakannya Seminar Sehari ini untuk memberikan pemahamanan yang jelas tentang Kurikulum 2013 kepada Pimpinan, Para Dosen dan Mahasiswa STAI Syamsul Ulum dan Praktisi Pendidikan lainnya.

III. TEMA

Seminar Sehari ini bertemakan : “MENYONGSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI PENGUATAN PERGURUAN TINGGI”.

IV. NARA SUMBER

Pakar-pakar Pendidikan dibidangnya

Keynote Speaker:

“Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013 bagi Penguatan Perguruan Tinggi”

Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH. M.Hum.

(Koordinator Kopertais Wil. II Jabar & Banten)

Sesi I:

“Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 di Perguruan Tinggi”

Dr. H. Dindin Jamaludin, M.Ag

(Asdir III Program Pascasarjana UIN SGD Bandung)

Sesi II:

“Implementasi Kurikulum 2013 berbasis ICT”

Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani, STP., MT.

(Purek III UIN SGD Bandung)

V. WAKTU PELAKSANAAN

Hari, Tanggal: Sabtu, 26 Januari 2013


Tempat: Gedung Pusat Kajian Islam (Islamic Center) Kota Sukabumi, Jl. Veteran Kota Sukabumi

Jam : 08.00 WIB. s.d. selesai


V. PENUTUP

Demikianlah, semoga menjadi acuan dengan harapan perubahan Kurikulum ini untuk menjawab tantangan zaman yang terus berubah dengan dinamis dan revolusioner dan diharapkan dapat menjadi sumbangan pikiran yang dapat membentuk pola pikir segenap Civitas Akademika STAI Syamsul Ulum yang sarat dengan nalar dan konsep strategis sainstifik yang religius.

  1. Seminar 2013 stai syamsul ulum sukabumi
    Foto: Laporan ketua panitia
  2. Sambutan ketua stai syamsul ulum sukabumi, Drs. H. Syafruddin Amir, MM
  3. Peserta seminar stai syamsul ulum terkait dengn kurikulum 2013
  4. Pesera seminar
    Seminar nasional STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi.
Next >

Info Kampus

Member Login